Tuesday, October 18, 2016

Sponge Cake with Butter Cream

Blog ini ditulis saat susah tidur. Iyes, sama seperti blog sebelumnya. Daripada ga bisa tidur dan pikiran jalan terus, mending sekalian ditulis di blog.

Sejak ikutan ngintip instagram, saya jadi tau kalau ada akun yang suka ngadain acara giveaway buat para followernya. Di antaranya adalah akun @ezcookingbaking bekerja sama dengan @doyanbaking yang difollow si @tungkukecil_id. Hadiahnya menarik hati banget deh.

Challenge yang diberikan juga ga terlalu rumit, cukup duplikat resep yang diberikan lalu di foto. Jadi bikin tergoda untuk ikutan kan? Apalagi, you know what? Mereka sempet nawarin mixer Bosch sebagai hadiahnya!! Aaargh... Mauuuuuu!!
 sponge cake

Seperti yang buibu tahu, mixer Bosch ini terkenal karena kemampuannya yang oke, makanya banyak yang bermimpi punya bosch di dapur. Termasuk saya. Dia sekarang sudah jadi salah satu wishlist peralatan dapur yang saya mau. Sekarang daftar wishlistnya sudah tambah banyak heheh. Kalau dulu cuma standing oven yang sudah satu paket dengan kompor empat tungku (dan dulu rencananya mau minta dijadikan mahar nikah). Tapi ya... Lumayan mahal ya?! Kasian si calon suami hahahah…
(** OOT : Eh ternyata bapak mertua punya bosch loh! Sungguh! Bukan mixer, tapi bor bosch! Suami sempet nawarin untuk ganti mata bornya dengan kepala mixer hahaha... Yakali bisa gitu?!)

 sponge cake slice

Mengenai tantangan dari akun tersebut, resep yang diduplikat adalah vanilla cake dengan buttercream. Ga ada yang aneh atau rumit untuk pembuatan cake maupun hiasan dekornya kecuali bagian membuat buttercream.

Membuat buttercream ini betul-betul hal baru buat saya karena biasanya pakai buttercream yang sudah jadi atau pakai whip cream. Oke, kalau begitu tantangannya untuk saya adalah membuat buttercream.
Bermodalkan resep yang diberikan dan setelah belajar dari video youtube, saya dapat beberapa hal. Salah satunya yaitu teknik membuat buttercream yang disebut Italian meringue buttercream. Dibuat dengan menggunakan kocokan putih telur yang disiram air gula panas lalu terakhir ditambah mentega. Semuanya dikocok terus menerus hingga tercampur. Hasil akhirnya adalah buttercream yg ringan, lembut dan rasanya enak. Tidak meninggalkan aftertaste di langit-langit tenggorokan, ga ngendal istilahnya.

Perlu diperhatikan agar saat mencampur air gula panas ke kocokan putih telur harus hati-hati supaya air gula tidak muncrat kemana-mana. Karena panasnya cukup untuk membakar kulit. Asisten (baca : :suami) saya merasakan hal ini. Saat membuat buttercream saya gunakan mangkok alumunium supaya mudah untuk dibersihkan dan itu sebabnya saya butuh tangan tambahan untuk menuang air gula sementara saya memegang mixer dan baskom. Saya sengaja ga pakai mangkok dan standing mixer karena materialnya plastik yang dikhawatirkan sisa buttercreamnya tertinggal. Namanya bahan plastik, kan biasanya susah dibersihkan dari lemak atau minyak ya?

buttercream
 Perhatikan sekeliling baskomnya, ada cipratan gula yang membeku.

Dari awal saya mengira tantangannya adalah dalam pembuatan buttercream. Ternyata salah !!. Karena menyepelekan, cake yang saya buat bantet. Duh mak... Rasanya hati kacau sekali melihat proses kegagalannya.

Saat mencampur mentega cair ke adonan, saya sudah merasakan kuenya akan gagal. Kemudian setelah menuang adonan ke loyang dan volume adonan tidak sebanyak yg saya kira, lalu berlanjut saat proses memanggang. Semuanya menunjukkan tanda kuenya bantet, tuips! Naas, hari itu adalah hari terakhir partisipasi, mau tidak mau saya harus membuat kuenya sekali lagi. Syukurlah bahan-bahan kue masih tersedia. Demi Bosch kan ya? Semangat! Cita-cita harus diraih! :D
Adonan masih baik-baik saja sebelum mentega cair masuk
Adonan masih baik-baik saja sebelum mentega cair masuk

Kali kedua, kuenya sukses mengembang dan buttercream selesai. Tinggal dioles ke kue dan ditabur sprinkle lalu foto. Cerita bagian foto dilewati saja ya? Pokoknya ribet deh. Sampai males nulis ceritanya. Harus naik turun tangga ambil properti dan menyiapkan settingannya karena hanya di lantai atas yang pencahayaan dan ruangnya memadai untuk foto-foto. Hasil fotonya seperti yang terlihat di blog, tapi hanya beberapa yang diikutsertakan di tantangan tersebut. Pemenang tantangannya diumumkan keesokan harinya dan yup, saya tidak berhasil mendapatkan mixer (hehe... ). Tapi saya berhasil membuat buttercream dan itu prestasi! Proud of myself.

Berikut resep yang digunakan:

SPONGE CAKE :
200 g eggs
120 g granulated sugar
15 g cake emulsifier
80 g soft flour / cake flour
15 g corn starch
40 g margarine (melt)
1 tsp vanilla paste
.
BUTTER CREAM :
125 g granulated sugar
30 g water
2 pc egg whites
190 g butter (soften)
60 g shortening
1 tsp vanilla paste
.
TOPPING :
100 g sprinkle
4 pc strawberry fresh
.
HOW TO MAKE CAKE DOUGH :
1. Preheat oven at 180°C. Combine egg, sugar, vanilla paste and cakes emulsifier in one mixing bowl. Mix all together until thick.
2. Combine all dry ingredients at low speed, fold in the dry ingredients into the egg mixtures and stir it well.
3. Melt in margarine in medium heat, then fold in into the mixture. Stir gently the melted margarine with the batter and greased the bottom part of the baking pan with butter. Covered the bottom part of the pan with baking paper provided.
4. Pour the cake mixture into the baking pan size. Bake it at 180°C for about 35-40 minutes.
.
HOW TO MAKE BUTTER CREAM :
1. At the medium speed, put the egg white into the standing mixer and beat them until foamy.
2. At the high speed, slowly pour the hot sugar into the beaten egg white inside the mixing bowl.
3. Continue mixing until the egg white is soft peak and until the mixing bowl cool. Combine butter and shortening and mix them until smooth. Butter cream ready to use.
sponge cake and strawberry
 

tungku kecil Template by Ipietoon Cute Blog Design