Tuesday, October 18, 2016

Mille Crepe

Pertama kali coba buat mille crepe itu beberapa tahun lalu. Lalu kedua kali ketika ada teman suami yang request mau cicip mille crepe. Yowis, dibuatin mille crepe nya. Saat itu buat setengah resep aja dari resep asli. Resep yang dipake adalah resep dari blog mba Hesti yang merujuk ke blog Masam Manis milik Azlita. Sejak awal kali coba sudah cocok dengan resep tersebut. Karena hasil crepenya tetap lembut walau sudah menginap di kulkas. Berbeda dengan hasil baca kolom komentar di youtube, ada resep crepe yang teksturnya rubbery gitu. So, crepe yang ini oke dong.


tungkukecil.blogspot.co.id

Kembali ke mille crepe. Menurut si pencicip, rasa atau bau susu dari crepenya kuat sekali. Mungkin karena dia ga suka susu kali ya, jadi lebih sensitif. Yah gimana ya, cairan yang digunakan memang semuanya menggunakan susu. Kalau diganti dengan air khawatir crepenya akan kering dan tidak lembut.
Sejak itu jadi terpikir cara menyiasati bau susu di mille crepe sampai beberapa resep mille crepe sudah masuk dalam daftar resep.

Beberapa waktu lalu akhirnya bisa uji coba lagi, mumpung masih ada sisa whip cream bubuk. Siap-siap bahan, timbang dan takar bahan, lanjut eksekusi. Jadilah coklat mille crepe. Bau susunya tidak tercium mungkin karena saya tidak sensitif. Rasanya enak dan lebih ringan dari mille crepe sebelumnya.  Pasti karena penggunaan whip cream yang lebih sedikit dari sebelumnya. Maklum, bahan sisaan hehe...

Di blog Masam Manis yang ternyata juga menggunakan rujukan resep dari sumber lain (Dailyclickclick) dicantumkan penggunaan whip cream sebenarnya hanya 200 ml sedangkan dia menggunakan 550 ml. Syukur Alhamdulillah, whip cream bubuk yang saya punya hanya 49 gr dan itu lebih dari cukup untuk setengah resep.

Berikut resepnya :

Bahan Crepe (by Elaine’s):
140 gr tepung protein sedang
20 gr tepung maizena
80 gr gula pasir
500 ml susu segar / susu cair
30 gr butter, dilelehkan
4 butir kuning telur
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
1. Dalam wadah campur terigu, maizena dan garam. Aduk rata lalu ayak. Sisihkan.
2. Masukkan separuh susu cair lalu aduk sampai licin dan tidak bergerindil.
3. Dalam wadah lain campur kuning telur, gula, vanili dan sisa susu cair. Aduk rata.
4. Tuang adonan telur ke dalam tepung, aduk hingga licin dan rata.
5. Tambahkan butter leleh, aduk rata. Saring.
6. Tutup dengan cling wrap lalu simpan di kulkas 30 menit atau semalaman.
7. Siapkan teflon lalu bikin dadar tipis tipis masing masing menggunakan satu sendok sayur adonan. Buat sampai habis. Susun dadar bertumpuk tidak beraturan agar gampang melepas bagian pinggirnya.

Bahan Vanilla Krim Custard (sumber: Dailyclickclick )
450 ml susu cair
2 sdm tepung terigu
1 1/2 sdm tepung maizena
85 gr gula pasir
4 butir kuning telur
1 sdt esen vanilla
Garam
2 sdm butter
200 ml whip cream*
*Kalau menggunakan whip cream cair, gunakan sejumlah takaran yang tertulis namun bila menggunakan whip cream bubuk maka perbandingannya adalah 1:2 antara whip cream dengan air

Cara membuat :
1. Campur susu cair, terigu, maizena, kuning telur. Aduk rata sampai licin, kalau perlu saring. Tambahkan gula, garam dan vanili.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk. Begitu adonan vla mulai mengental dan mulai bergerindil aduk lebih cepat. Ketika akan mendidih aduk sangat cepat sampai meletup letup agar didapat vla yang licin. Masukkan butter, aduk sampai rata. Tuang dalam mangkuk dan tutup cling wrap sampai menyentuh permukaan vla agar tidak berembun dan vla berkulit. Simpan dalam kulkas sampai dingin.
3. Kocok whip cream sampai kental. Campur dengan vla lalu kocok lagi asal rata. Simpan di kulkas.

Penyelesaian :
1. Taruh crepe di atas wadah yang datar. Beri 1 sendok makan penuh krim (kalau crepenya lebar bisa lebih dari 1 sdm) lalu ratakan.
2. Tumpuk lagi dengan kulit crepe dan krim. Begitu seterusnya berselang seling sampai adonan habis.
Kalau pada saat mengerjakannya, filling dan crepenya kelihatan meleleh/lembek, masukkan dulu dalam kulkas agar ketika ditumpuk tinggi crepenya tidak goyah. Setelah itu lanjutkan menyusun kembali.

Dari setengah resep ini dihasilkan kurang lebih 15 lembar crepe dengan teflon ukuran kecil. Fotonya ini di dalam kulkas aja ya, soalnya udah bingung mau di foto kayak apa.

mille crepe coklat/tungkukecil.blogspot.co.id
 
Bulan lalu sempat juga ada orderan mille crepe yang dengan berat hati ditolak. Selain karena waktunya mepet (order siang hari ini untuk diantar besok) dan kuenya ternyata mau dijadikan seserahan. Otomatis harus cari kemasan yang cantik dan kuenya juga harus cantik. Untuk buat kue yang cantik, ngerjainnya harus dengan hati yang tenang. Kalau sudah mumet karena waktu yang mepet, duh ga kebayang gimana kacaunya suasana dapur dan suasana hati.

Bikinnya sih gampang aja sebenernya, peralatan yang dibutuhkan juga cuma pan teflon dan mixer. Tapi selain itu, pembuatannya butuh waktu yang ga sedikit. Waktu untuk nyiapin bahan, buat crepenya lapis demi lapis, buat creamnya, dilanjut dengan menyusun crepe diselang seling dengan cream sampai habis. Selesai? Belum. Tumpukan crepe dan cream itu harus didinginkan dalam kulkas supaya set, minimal semalaman. Barulah diberi topping atau kalau sudah tidak sabar, bisa langsung dihidangkan. Nah, lumayan kan ya prosesnya?

Kalau mau cicip aja tanpa ngerasain proses buatnya, bisa loh pesen. Untuk mille crepe ukuran kecil harganya Rp 70.000,- (diluar ongkos kirim)

Next, penasaran deh mau bikin green tea mille crepe dengan cream cheese di tiap lapisannya. Kalo ngga cream cheese, ya pake cream biasa juga enak kali ya... Atau mille crepe rasa kopi, semacam tiramisu gitu. Nyam nyam...
Technorati Tags:
 

tungku kecil Template by Ipietoon Cute Blog Design