Thursday, September 14, 2017

Pizza Sosis

Beberapa hari lalu ditagih janji untuk buat pizza. Katanya sudah nunggu sampai sebulan hanya untuk dibuatin pizza. Padahal saat itu lagi ngga ada bahan untuk topping pizza. Saking merajuknya, toppingnya cuma sosis aja pun rela. Di kulkas memang cuma ada sosis sih. Ga tahan dirajuk, akhirnya ambil timbangan dan mulai nimbang-nimbang bahan. Lumayan nanti buka puasa arafah jadi ada cemilan.

Untuk rotinya saya pakai resep dari hanamira kitchen. Resep saya salin di sini, tapi untuk jelasnya bisa langsung ke blog tersebut karena ada gambarnya jadi bisa memudahkan.


Pizza
Sumber: hanamirakitchen.blogspot.co.id

Bahan
250 gr tepung terigu protein tinggi
5 gr garam
4 gr ragi instan
8 gr susu bubuk
1 gr bread improver (boleh di-skip jika tidak ada)
20 ml minyak goreng
150 ml air (pakai air es lebih bagus)

Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, bread improver, minyak, dan air (bisa ditambahkan sedikit-sedikit untuk memastikan adonan tidak terlalu lembek) dalam wadah, mikser dengan kecepatan sedang hingga adonan setengah kalis, masukkan garam, mikser lagi hingga kalis (kurang lebih 8 menit). Bisa juga diuleni secara manual. (kalau mau kalis elastis lebih bagus yaa...tapi crust pizza sepertinya tidak perlu elastis sangat).

2. Bulatkan adonan, taruh dalam baskom dan tutup dengan plastic wrap, diamkan selama 15 menitan.

3. Gilas adonan hingga pipih berbentuk lingkaran dengan diameter 30 cm, atau bisa dilebihkan kalau ingin membuat pinggiran pizza tinggi. Kelebihan ini nanti bisa dilipat di sepanjang pinggiran crust.

4. Taruh lembaran adonan di loyang, ratakan/stretch dengan rolling pin kecil atau menggunakan tangan, agar loyang tertutup rata dengan adonan hingga ke tepinya. Kemudian tusuk - tusuk dengan garpu, diamkan lagi selama 10 menit.

5. Olesi permukaan adonan dengan minyak goreng/olive oil, oleskan saus secara merata. Taburi 1/2 bagian keju mozarella parut, ratakan. Taburkan daging cincang, jagung pipil, paprika dan bawang bombay, terakhir tutup dengan 1/2 bagian keju mozarella parut yang tersisa. (Tahap ini saya hanya mengoleskan saos dan sosis di permukaan pizza dan menaburkan parutan keju edam dan parmesan.)

6. Panggang dalam oven dengan suhu 230 derajat celcius selama 12-15 menit hingga matang kecoklatan.


Untuk topping disesuaikan dengan bahan yang tersedia di rumah. Karena ngga ada saos tomat atau saos bolognaise, akhirnya saya buat saos sendiri. Terbuat dari tumisan bawang putih, sosis, saos sambel. Semua dicampur dan ditumis. Saya tambahkan juga sedikit air supaya tidak terlalu kental, sedikit gula, garam, lada juga oregano. Agak ngaco memang, pokoknya asal jadi saos.

Saya juga menaburkan keju edam dan parmesan. Ternyata jadi asin. Keju yang ditabur terlalu banyak sepertinya, lain kali mungkin pakai keju cheddar aja deh. Ukuran rotinya pun masih terlalu tebal karena pakai loyang lebih kecil dari yang disarankan.

Besoknya kami buat pizza lagi untuk makanan berbuka puasa. Saosnya juga masih sama, toppingnya juga sama, tapi taburannya keju cheddar saja. Loyang yang dipakai ukuran 30cm dan hasilnya kurang lebih masih sama dengan yang sebelumnya karena toppingnya sama... hehe... Tetapi rasanya tidak terlalu asin seperti sebelumnya dan ketebalan rotinya cukup. Apapun, pizzanya tetap enak dan habis seketika.



 

tungku kecil Template by Ipietoon Cute Blog Design